10/random/ticker-posts

Tipe-tipe saringan udara pada mobil


1. Saringan Udara Tipe Kertas
Saringan udara ini terdiri dari elemen yang dibuat dari kertas atau kain. Elemen diletakkan di dalam rumah saringan udara (air-cleaner case). Pada beberapa saringan udara yang menggunakan elemen ini dapat dicuci dengan air.

2. Pre-Air Cleaner
Pre-air cleaner adalah sejenis saringan udara pusaran. Dengan efisiensi udara yang tinggi dan mempunyai bagian sirip yang memisahkan kotoran udara dengan adanya gaya sentrifugal. Debu ditampung dalam penampung khusus (dust trap). Tipe saringan udara ini sering kali tidak diperlukan penggantian elemen yang terlalu sering dibanding dengan tipe saringan udara lainnya.

3. Saringan Udara Tipe Oil Bath

Saringan udara tipe ini berisikan oli di bagian bawah rumah saringan. Elemen dibuat dari baja wol. Partikel-partikel debu yang besar, kotoran-kotoran, pasir dan sebagainya jatuh ke dalam genangan (rendaman oli). Udara yang dihisap melalui elemen saringan telah dibersihkan oleh elemen yang terbuat dari baja wol tadi sebelum mencapai mesin.

4. Saringan Udara Tipe Siklon

Saringan udara tipe siklon ini adalah salah satu saringan udara tipe kertas yang menggunakan kertas sebagai elemen. Elemen ini berbentuk sirip-sirip untuk menghasilkan pusaran udara. Sebagian besar partikel-partikel kotoran, pasir dan lain-lain ditampung dalam kotak saringan oleh gaya sentrifugal dari pusaran udara. Partikel-partikel yang kecil diserap oleh elemen kertas. Perencanaan ini tujuannya untuk mengurangi tersumbatnya elemen saringan dan tidak dibutuhkannya perawatan yang terlalu sering seperti tipe lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar