10/random/ticker-posts

Macam-macam tenaga pembentuk permukaan bumi


Tenaga pembentuk permukaan bumi dibagi menjadi 4 yakni:

1. Tenaga Endogen
Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi dan biasanya bersifat membangun. Misalnya, tektonisme yang tenaganya dapat mengakibatkan patahan, lipatan, gejala gunung api (vulkanisme), dan gempa bumi. Tektonisme adalah tenaga yang bekerja dari dalam bumi dengan arah vertikal dan horizontal yang menyebabkan berubahnya bentuk kulit bumi. 

2. Tenaga Eksogen
Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi, biasanya bersifat merusak. Faktor-faktor yang berperan sebagai tenaga eksogen adalah air, angin, organisme, sinar matahari, dan es. Tenaga eksogen dapat menyebabkan terjadinya pelapukan, erosi, denudasi, tanah longsor, dan tanah retak.

3. Tektonisme
Tektonisme adalah tenaga yang bekerja dari dalam bumi dengan arah vertikal maupun lateral (mendatar) yang mengakibatkan perubahan lokasi atau letak lapisan-lapisan batuan yang membentuk muka bumi.

4. Vulkanisme
Vulkanisme adalah peristiwa yang berhubungan dengan pembentukan gunung api, yaitu segala magma dan lapisan dalam litosfer yang menyusup ke lapisan yang lebih atas atau sampai ke permukaan bumi. Di dalam litosfer, magma mempunyai suatu kantong yang dinamakan dapur magma.


Pengetahuan Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar